Page 53 - Buku HUT ke-70 PPPK Petra
P. 53
benda lain yang tidak diperlukan. dari penilaian pembelajaran adalah harus mengulangi tingkatan kelasnya
Para siswa juga dianjurkan untuk untuk dapat mengetahui sejauh saat itu satu tahun lagi, atau yang
mengecek koneksi internet serta mana tujuan pendidikan nasional biasanya disebut tidak lulus. Karena
kondisi peralatan elektronik sebelum tercapai. [1] Apa tujuan pendidikan itu, penilaian sikap ini tidak dapat
jam belajar ataupun penilaian. nasional itu? Berdasarkan Pasal dianggap ringan.
Hal tersebut bertujuan agar tidak 3 UU No. 20 Tahun 2003 tentang
terjadi kendala pada pertengahan Sistem Pendidikan Nasional, yakni Penilaian pengetahuan, yaitu
kegiatan. Sangat disayangkan bukan, pendidikan nasional berfungsi tugas, PH, PTS, PAS, dan PAT, dapat
jika situasi di sekitar sudah sangat mengembangkan kemampuan dan dilaksanakan secara lisan ataupun
kondusif, tetapi jaringan terputus? membentuk watak serta peradaban tertulis, sesuai dengan keputusan
Atau jika jaringan internet sudah bangsa yang bermartabat dalam para guru pengajar. Sementara itu,
sangat lancar, tetapi handphone rangka mencerdaskan kehidupan penilaian keterampilan dapat berupa
kehabisan daya? bangsa …. Sudah jelas bukan, alasan praktik, hasil karya, produk, atau
dari penilaian dalam pembelajaran? proyek. Kedua penilaian tersebut
Selain menyiapkan sarana dan Penilaian tersebut bukan semata- menunjukkan bagaimana siswa pada
prasarana pembelajaran, para siswa mata untuk mengejar nilai, akhirnya mengimplementasikan atau
dapat menyiapkan hati dan pikiran melainkan juga untuk mengetahui mengaplikasikan pelajaran dalam
mereka. Suasana hati yang bagus sejauh mana kemampuan siswa. kehidupan sehari-hari. Hal tersebut
dapat membuat seseorang lebih tentu penting karena, bagaimanapun
meminati pelajaran, sementara Kembali lagi ke topik awal, juga, kita menuntut ilmu demi masa
pikiran yang jernih dapat membuat bagaimana sistem penilaian di kini dan masa depan kita.
seseorang lebih mudah memahami Petra? Sekolah-sekolah Petra
pelajaran. Hal lain yang dapat menerapkan sistem penilaian Akibat dari adanya pandemi ini,
diperhatikan sebelum melaksanakan K-13, sesuai dengan kurikulum hal-hal yang awalnya dianggap
pembelajaran adalah kesehatan pendidikan yang ditetapkan oleh tak mungkin terjadi pun menjadi
para partisipan. Sebab, pada saat- pemerintah. Contoh pelaksanaannya kenyataan. Hidup tentu terasa lebih
saat seperti ini, kesehatan adalah adalah pada sistem penilaian berat, bahkan terkadang rasanya
yang terutama. Selanjutnya, dalam SMP Kristen Petra. Penilaian K-13 lebih mudah untuk menyerah.
proses belajar mengajar, tentu terbagi menjadi empat bagian, yaitu Namun, pada akhirnya, kita hanya
terdapat penilaian. Penilaian, penilaian spiritual, penilaian sikap dapat menghadapi masalah tersebut,
terutama ujian, adalah hal yang sosial, penilaian pengetahuan, dan mulai dari beban pelajaran, beban
sering kali tidak disukai oleh para terakhir penilaian keterampilan. kehidupan, serta berbagai akibat dari
siswa. Selain karena cenderung Penilaian spiritual yang dilakukan pandemi. Sebab, hidup akan terus
terasa susah, beberapa beranggapan adalah melalui sikap siswa terhadap berjalan.
bahwa ulangan itu tidak penting. pencipta. Penilaian sikap sosial yakni
Banyak yang belum sadar bahwa bagaimana siswa dalam berinteraksi Seperti gema di dalam hutan, hari
penilaian tersebut ternyata penting dengan lingkungan sosialnya. Kedua baru akan datang. Seperti anak
dilakukan dalam pembelajaran. penilaian ini dilakukan melalui panah di langit biru, satu hari
Nah, apa sih pentingnya penilaian pengamatan atau observasi guru kembali berlalu. Seperti demikian,
dalam pembelajaran? Melansir dari terhadap siswa. Jika penilaian sikap hidup terus berjalan.
salah satu situs di internet, tujuan pada rapor nilainya C, maka siswa (BTS, “Life Goes On”)
HUT ke-70 PPPK PETRA | 50