Page 57 - Buku HUT ke-70 PPPK Petra
P. 57
negatif. Siswa yang terlibat secara
emosional akan menunjukkan
minat, senang dan menunjukkan
rasa memiliki terhadap sekolah. siswa dalam program BSP ditinjau menghasilkan buah yang tidak
Siswa juga merasa menjadi dari teori keterlibatan siswa? Apakah baik.” Dari kebenaran firman Tuhan
bagian penting bagi sekolah ada riset khusus yang pernah ini, kita dapat mengambil prinsip
dan memiliki perasaan bernilai membahas hal ini? Tentu ini akan bahwa buah (hasil) yang baik
yaitu berhasil lulus dari sekolah. menjadi sebuah tantangan akademik dihasilkan oleh pohon (lembaga)
Menurut Csikzentmihalyi (1988) tersendiri ditinjau dari sisi ilmiah. yang baik. Data peningkatan
dalam Fredricks, Blumenfeld Dalam tulisan ini penulis tidak akan keterlibatan siswa dalam program
dan Paris (2004), keterlibatan melakukan kajian secara deduktif BSP adalah buah yang baik yang
emosional adalah keadaan untuk menjelaskan data peningkatan dihasilkan oleh pohon yang
flow yaitu keterlibatan siswa di keterlibatan siswa dalam program baik, yaitu lembaga PPPK Petra.
sekolah sehingga siswa merasa BSP ditinjau dari teori keterlibatan Sedangkan aspek-aspek dalam teori
terhanyut dalam berbagai aktivitas siswa. Jadi dengan pendekatan apa keterlibatan siswa adalah dinamika
di sekolah. Siswa yang memiliki untuk menjelaskannya? Pendekatan yang terjadi dalam program BSP.
keterlibatan kognitif dengan induktif penulis lakukan untuk
sekolah akan menginvestasikan menjelaskannya. Sebagai guru sekaligus wali kelas
waktu dan tenaganya dalam yang telah dua puluh tiga tahun
pembelajaran. Siswa akan Menurut Matius 7:16-17, “Dari terlibat dalam program BSP
berusaha meraih prestasi lebih buahnyalah kamu akan mengenal ini, penulis memiliki beberapa
dari yang disyaratkan dan akan mereka. Dapatkah orang memetik pengamatan tentang peningkatan
menyukai setiap tantangan dalam buah anggur dari semak duri keterlibatan siswa dalam program
belajar. atau buah ara dari rumput duri? BSP ditinjau dari teori keterlibatan
Demikianlah setiap pohon yang siswa. Pertama, laporan BSP dan
Bagaimanakah kita menjelaskan baik menghasilkan buah yang baik, klarifikasi apabila ada pertanyaan
data peningkatan keterlibatan sedang pohon yang tidak baik publik seperti yang pernah
HUT ke-70 PPPK PETRA | 54