Page 58 - Buku HUT ke-70 PPPK Petra
P. 58
terjadi dengan nama Sekolah diketahui oleh jemaat di sana. segenap civitas PPPK Petra untuk
Petra yang sama di daerah lain Respons utama yang penulis terus meningkatkan keterlibatannya
sebagai penerima donasi yang tangkap dari jemaat adalah dalam program BSP. Penulis
disampaikan kepada siswa dan keunggulan PPPK Petra dalam mendapat kesan mendalam tentang
orang tua siswa, meningkatkan donasi terhadap sekolah yang tanggapan orang lain yang telah
kepercayaan mereka terhadap roboh karena diterjang gempa menerima donasi BSP dari PPPK
program ini. Kedua, keterlibatan dan kesan betapa besar donasi Petra. Kesan tersebut adalah apakah
wakil siswa dalam serah terima yang diberikan oleh PPPK Petra. saya menuai di tempat yang tidak
donasi juga memberikan dampak Program BSP juga mempunyai ikut menabur? mengingat betapa
peningkatan kepercayaan terhadap kaitan dengan R.A.I.S.E. secara tingginya penghargaan terhadap
program BSP. Siswa jadi tahu eksternal, karena program civitas PPPK Petra di mata penerima
bahwa penerima donasi benar- BSP telah menjadi bukti nyata donasi dan program BSP serta di
benar telah diklarifikasi kelayakan empower terhadap sekolah lain. mata komunitas Kristen lainnya.
kebutuhannya yang akan disokong Empower atau pemberdayaan ini Oleh karena itu, keterlibatan
oleh donasi dari program BSP. telah membantu proses transisi segenap civitas PPPK Petra yang
Ketiga adalah koordinasi sekolah dari keadaan ketidakberdayaan telah mencapai tahun ke-70
yang solid antara kepala sekolah ke keadaan kontrol relatif atas terhadap program BSP perlu terus
dan para guru terutama wali kelas, ketidakberdayaan sekolah ditingkatkan, sehingga semakin
sehingga memberikan kesan di penerima program BSP, dalam memperbesar dampak empowering
mata siswa bahwa sekolah satu meningkatkan kualitas pelayannya terhadap sekolah-sekolah Kristen
suara dalam program BSP. Keempat dalam bidang pendidikan. lain yang membutuhkan, apalagi
adalah efektivitas ujung tombak sekarang ada tantangan baru, yaitu
dari program ini, yaitu wali kelas. Kesan yang positif tersebut di pandemi COVID-19. Selamat ulang
Wali kelas patut dinilai telah atas, tentunya mempunyai kaitan tahun ke-70 PPPK Petra dan viva
memberikan arahan yang inspiratif langsung dengan keterlibatan BSP!
dalam menyosialisasikan program siswa dalam program BSP.
BSP. Kelima adalah respons siswa Keterlibatan siswa dalam program
yang positif dengan BSP. Sebagai BSP ini tentunya juga menjadi
wali kelas, penulis pernah bertanya cambuk untuk keterlibatan
tentang tanggapan siswa terhadap
BSP, kepada bendahara kelas
yang mengadministrasikan BSP.
Ia menjawab, ”Pada dasarnya,
tujuannya sangat bagus untuk
bisa membantu orang lain yang
membutuhkan.”
Penulis juga pernah ada
pengalaman melakukan pelayanan
gerejawi di daerah, dan kebetulan
identitas sebagai guru PPPK Petra
55 | HUT ke-70 PPPK PETRA