Page 58 - Buku HUT ke-70 PPPK Petra
P. 58

terjadi dengan nama Sekolah         diketahui oleh jemaat di sana.      segenap civitas PPPK Petra untuk
         Petra yang sama di daerah lain      Respons utama yang penulis          terus meningkatkan keterlibatannya
         sebagai penerima donasi yang        tangkap dari jemaat adalah          dalam program BSP. Penulis
         disampaikan kepada siswa dan        keunggulan PPPK Petra dalam         mendapat kesan mendalam tentang
         orang tua siswa, meningkatkan       donasi terhadap sekolah yang        tanggapan orang lain yang telah
         kepercayaan mereka terhadap         roboh karena diterjang gempa        menerima donasi BSP dari PPPK
         program ini. Kedua, keterlibatan    dan kesan betapa besar donasi       Petra. Kesan tersebut adalah apakah
         wakil siswa dalam serah terima      yang diberikan oleh PPPK Petra.     saya menuai di tempat yang tidak
         donasi juga memberikan dampak       Program BSP juga mempunyai          ikut menabur? mengingat betapa
         peningkatan kepercayaan terhadap    kaitan dengan R.A.I.S.E. secara     tingginya penghargaan terhadap
         program BSP. Siswa jadi tahu        eksternal, karena program           civitas PPPK Petra di mata penerima
         bahwa penerima donasi benar-        BSP telah menjadi bukti nyata       donasi dan program BSP serta di
         benar telah diklarifikasi kelayakan   empower terhadap sekolah lain.    mata komunitas Kristen lainnya.
         kebutuhannya yang akan disokong     Empower atau pemberdayaan ini       Oleh karena itu, keterlibatan
         oleh donasi dari program BSP.       telah membantu proses transisi      segenap civitas PPPK Petra yang
         Ketiga adalah koordinasi sekolah    dari keadaan ketidakberdayaan       telah mencapai tahun ke-70
         yang solid antara kepala sekolah    ke keadaan kontrol relatif atas     terhadap program BSP perlu terus
         dan para guru terutama wali kelas,   ketidakberdayaan sekolah           ditingkatkan, sehingga semakin
         sehingga memberikan kesan di        penerima program BSP, dalam         memperbesar dampak empowering
         mata siswa bahwa sekolah satu       meningkatkan kualitas pelayannya    terhadap sekolah-sekolah Kristen
         suara dalam program BSP. Keempat    dalam bidang pendidikan.            lain yang membutuhkan, apalagi
         adalah efektivitas ujung tombak                                         sekarang ada tantangan baru, yaitu
         dari program ini, yaitu wali kelas.   Kesan yang positif tersebut di    pandemi COVID-19. Selamat ulang
         Wali kelas patut dinilai telah      atas, tentunya mempunyai kaitan     tahun ke-70 PPPK Petra dan viva
         memberikan arahan yang inspiratif   langsung dengan keterlibatan        BSP!
         dalam menyosialisasikan program     siswa dalam program BSP.
         BSP. Kelima adalah respons siswa    Keterlibatan siswa dalam program
         yang positif dengan BSP. Sebagai    BSP ini tentunya juga menjadi
         wali kelas, penulis pernah bertanya   cambuk untuk keterlibatan
         tentang tanggapan siswa terhadap
         BSP, kepada bendahara kelas
         yang mengadministrasikan BSP.
         Ia menjawab, ”Pada dasarnya,
         tujuannya sangat bagus untuk
         bisa membantu orang lain yang
         membutuhkan.”

         Penulis juga pernah ada
         pengalaman melakukan pelayanan
         gerejawi di daerah, dan kebetulan
         identitas sebagai guru PPPK Petra

         55 | HUT ke-70 PPPK PETRA
   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63