Page 37 - Buku HUT ke-70 PPPK Petra
P. 37
SERI WEBINAR #3
Peran Generasi Milenial Indonesia
Menghadapi Ekonomi Kreatif &
Industri 4.0
Webinar seri ke-3 pada tanggal Revolusi industri 4.0 dengan efek
27 Februari 2021 ini, bertema disrupsinya merupakan sebuah
peran generasi milenial Indonesia tantangan bagi pelaku bisnis
menghadapi ekonomi kreatif serta di Indonesia karena banyaknya
industri 4.0. Tema ini mengingatkan lapangan pekerjaan yang harus
bahwa bahwa peran pendidikan digantikan dengan teknologi, seperti
adalah mempersiapkan generasi implementasi block chain, robot, dan
muda yang siap menghadapi segala artificial intelligence. Saat ini, dunia
bentuk perubahan dan tantangan menghadapi pandemi COVID-19;
zaman. Selain itu, tema ini dipilih situasi yang menjadi katalis bagi
untuk merealisasikan pendidikan konsumen untuk bermigrasi ke
holistik P.E.T.R.A., khususnya pada ranah digital/online. Munculnya
huruf A (Academic Excellence). ‘gerakan’ stay at home, membuat
sebagian besar aktivitas konsumen
Narasumber adalah Rico Tedyono, kini dilakukan secara digital. Ketika
B.Eng, M.B.A., M.Sc., alumnus ekonomi secara fisik berjalan
Petra yang kini menjadi Co-Founder perlahan akibat pandemi, ekonomi
& Chief Operating Officer (COO) digital pun menggantikannya,
Komunal Indonesia. Beliau fokus pada sehingga geliat perekonomian terus
respons generasi muda untuk bisa berjalan. Tak heran jika transformasi
meningkatkan atau mempercepat digital menjadi agenda terpenting teknologi finansial adalah uang atau
pemulihan perekonomian semasa bagi perusahaan untuk bisa dompet elektronik, pinjaman online
pandemi. Memotret struktur survive. Financial technology telah (P2P lending) dan investasi, investasi
penduduk Indonesia yang saat ini bertransformasi dari mulai fintech 1.0 ritel online, serta insurtech.
didominasi oleh generasi milenial (general ledger), fintech 2.0 (internet
dan generasi Z, diprediksi jumlah banking, ATM), fintech 3.0 (digital Semoga webinar ini memberi
usia produktif akan mencapai grafik payment, P2P lending), fintech 3.5 manfaat khususnya bagi generasi
tertinggi pada tahun 2019-2050, (credit scoring), dan fintech 4.0 milenial untuk beradaptasi
sehingga menjadi tantangan bagi (financial planner, equity crowd menggunakan teknologi secara andal
Indonesia dalam hal memenuhi funding, digital financial innovation). dan kreatif guna meraih kehidupan
kebutuhan lapangan pekerjaan. Beberapa implementasi dari produk yang lebih baik.
HUT ke-70 PPPK PETRA | 34